Teknik Bangunan kapal ( TBK) merupakan salah satu program studi yang ada di Fakultas Kemaritiman, Universitas Ivet. Prodi Teknik bangunan kapal telah berdiri pada tahun 1995, bersama Prodi Teknik Permesinan Kapal (TMK) dan Teknik Kelistrikan Kapal (TLK) dibawah naungan Akademi Teknik Perkapalan (ATP) Veteran Semarang. Pada tahun 2019 bersama IKIP Veteran yang satu yayasan melebur dan berubah bentuk menjadi Universitas Ivet. TBK, TMK, TLK ditambah Prodi Sarjana (S1) Teknik Rekayasa Keselamatan berada dalam satu fakultas Kemaritiman.

Dalam proses perkuliahan, mahasiswa akan memperoleh materi perkuliahan yang berkaian dengan:

  1. Tahapan dan perhitungan dalam proses pembangunan kapal dan bangunan apung lainnya
  2. Pengawasan pekerjaan pembangunan kapal dan bangunan apung lainnya terkait metode pembangunan maupun proses pengelasan sesuai dengan standar dan rule.
  3. Pekerjaan perawatan dan perbaikan kapal dan bangunan apung lainnya.
  4. Menalisis suatu permasalahan teknis dibidang pengelasan pada bangunan kapal dan bangunan apung lainnya yang dihadapi dalam suatu pekerjaan.

Pengetahuan Yang Dikuasai

  1. Menguasai prinsip dan teknik pembangunan kapal dan bangunan apung lainnya mulai dari proses fabrikasi, sub assembly, assembly dan erection untuk berperan sebagai pengawas dan pelaksana pekerjaan pembangunan.
  2. Menguasai pengetahuan tentang code dan standar dibidang pengelsan, proses pembangunan, perawatan dan perbaikan kapal yang berlaku untuk penyelesaian masalah pada proses pembangunan kapal dan bangunan apung lainnya.

Kewenangan dan Tanggung Jawab

  1. Mampu berinteraksi dan bekerja sama dalam tim, mampu mengembangkan diri dan berfikir secara logis dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi secara profesional
  2. Mampu menyusun laporan tertulis secara lengkap terkait dengan pelaksanaan pekerjaannya sesuai dengan SOP.
  3. Mampu bertanggung jawab atas suatu pekerjaan di bidang pengawasan pembangunan kapal dan bangunan apung lainnya yang ditugaskan kepadanya sesuai dengan standar mutu yang telah ditetapkan.

Profil Lulusan D-3 Teknik Bangunan Kapal mampu bertindak sebagai :

1. Intermediate Naval Architects
2. Mid Naval Architects
3. Naval Architect Engineer II
4. Associate marine / ship structural designer